SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNA LAYANAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM) ESSENSIAL

Kegiatan ini merupakan hasil penelitian dari Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Dhyana Pura a/n Ni Wayan Murweti.

Adapun hasil penelitian tersebut dijabarkan dibawah ini.

 

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNA LAYANAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM) ESSENSIAL  DI UPTD PUSKESMAS  BANJARANGKAN I  KABUPATEN KLUNGKUNG

 

Ni Wayan Murweti , 1 Ni Luh Gde Ari Natalia Yudha , 2 I Putu Dedy Kastama

Fakultas Ilmu KesehatanSains dan Teknologi Universitas Dhyana Pura

Alamat : Jln Raya Padangluwih, Dalung, Kuta Utara, Dalung, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

 

ABSTRAK

UPTD Puskesmas  Banjarangkan I merupakan puskesmas yang melaksanakan UKM essensial. Salah satu cara mengetahui kebutuhan/harapan masyarakat dengan survei kepuasan masyarakat. Adanya masyarakat yang mengeluh petugas kurang ramah dan tidak tepat waktu. Kinerja untuk program Kesling, Gizi, P2P dan Perkesmas < 100%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan berdasarkan persepsi dan harapan masyarakat dalam Upaya Kesehatan Masyarakat Essensial.

Penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan variabel bebas tingkat kepuasan berdasarkan persepsi masyarakat dan variabel terikat tingkat kepuasan berdasarkan harapan masyarakat  dalam Upaya Kesehatan Masyarakat Essensial sesuai  9 unsur SKM. Sampelnya adalah sasaran program UKM essensial berjumlah 242 KK. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis tingkat kepuasan  dengan menilai   rata-rata   tertimbang masing-masing unsur pelayanan, analisis kualitas pelayanan kesehatan dilakukan dengan menganalisa tingkat kesesuaian kepuasan masyarakat antara persepsi dengan harapan masyarakat.

Hasil analisis tingkat kepuasan berdasarkan persepsi 76,61 (Baik), tingkat kepuasan berdasarkan harapan 82,09 (berharap), kualitas pelayanan 93,33 (kurang puas) dan program yang masuk kuadran I pada grafik kartesius program kesehatan lingkungan. Program dengan kinerja paling rendah adalah program P2P (72,80). Masyarakat kurang puas terhadap UKM essensial, maka diharapkan perbaikan kualitas pelayanan dengan meningkatkan koordinasi lintas program dan lintas sektor dengan peningkatan pemberdayaan masyarakat.

Kata Kunci : Tingkat kepuasan UKM essensial, persepsi, harapan.

 

ABSTRACT

UPTD Puskesmas Banjarangkan I is a health center that implements essential PHE (PUBLIC HEALTH EFFORTS). One way to find out the needs/expectations of the community is with a community satisfaction survey.There are people who complain that the officers are not friendly and not on time. Performance for Kesling, nutrition, P2P and Perkesmas program < 100%. This research aims to analysis the satisfaction based on the perception and expectations of society in the essential public health efforts.
             This research is a quantitative analytic study with the independent variable level of satisfaction based on public perceptions and the dependent variable the level of satisfaction based on community expectations in Essential Public Health Efforts according to 9 elements of SKM. The sample is the target of the essential UKM program, amounting to 242 households. Data were collected by means of a questionnaire and analyzed the level of satisfaction by assessing the weighted average of each element of service, analysis of the quality of health services is carried out by analyzing the level of suitability of community satisfaction between perceptions and community expectations
The results of the analysis of the level of satisfaction based on perception 76.61 (good), the level of satisfaction based on expectations 82.09 (hopeful), the quality of service 93.33 (less satisfied) and the programs that enter the Quadrant I on the chart of the cartesian is Environmental Health program. Society is less satisfied with the essential PHE, then expected improvement of service quality by improving cross-program coordination and cross-sector with increased community empowerment.

Keyword: Satisfaction level of essential PHE,  perception, expectation

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

 

Puskesmas  merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerja (Kementerian Kesehatan Negara RI, 2014)

Kebutuhan/harapan dari masyarakat dapat diketahui melalui beberapa kegiatan salah satunya dengan pelaksanaan survei kepuasan masyarakat. Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI, 2017).

Puskesmas sebagai lini terdepan upaya preventif dan promotive memiliki peran vital untuk bisa memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat (UPTD Puskesmas Banjarangkan I, 2019a). Untuk melaksanakan upaya promotif dan preventif, puskesmas menyelenggarakan pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat essensial dan pengembangan sesuai dengan kemampuan dan kategori puskesmas (Kementerian Kesehatan Negara RI, 2014).

UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat Banjarangkan I merupakan salah satu Puskesmas yang terdapat di Kabupaten Klungkung  dengan kategori puskesmas pedesaan yang melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2014 menyelenggarakan pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat baik UKM essensial maupun UKM pengembangan. Pelayanan UKM  essensial yang diselenggarakan oleh UPTD Puskesmas Banjarangkan I adalah  pelayanan promosi kesehatan termasuk UKS (penyuluhan, pemberdayaan masyarakat, pelatihan dan advokasi), pelayanan kesehatan lingkungan, pelayanan KIA-KB yang bersifat UKM, pelayanan gizi yang bersifat UKM, pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit dan pelayanan keperawatan kesehatan masyarakat.

UPTD Puskesmas Banjarangkan I belum pernah dilaksanakan penilaian kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat, berdasarkan laporan  umpan balik penanganan keluhan di masyarakat tahun 2018, ada masyarakat/kader yang mengeluhkan saat kunjungan ke desa ada petugas yang  kurang ramah dan terlambat datang dari jadwal yang disepakati. Berdasarkan hasil penilaian kinerja Upaya Kesehatan Masyarakat di UPTD Puskesmas Banjarangkan I tahun 2018 didapatkan hasil ada beberapa pelayanan yang di bawah target. Rincian hasil penilaian kinerja untuk pelayanan UKM adalah pelayanan Kesehatan Lingkungan (99,82%), Pelayanan Gizi (99,79%), Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (TB Paru 62,50%), dan pelayanan Perkesmas (98,21%) (Laporan PKP 2018, 2018).

Untuk peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, perlu dilakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan di puskesmas  adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan dalam Upaya Kesehatan Masyarakat yang ada di puskesmas.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kepuasan berdasarkan persepsi dan harapan masyarakat dalam Upaya Kesehatan Masyarakat Essensial di UPTD Puskesmas Banjarangkan I menggunakan 9 unsur pelayanan menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017

 

METODE PENELITIAN      

Penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan metode  survey dengan teknik cross sectional yang menganalisis tingkat kepuasan berdasarkan persepsi dan harapan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata sasaran setiap kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) essensial di wilayah UPTD Puskesmas Banjarangkan I setiap bulannya, dengan jumlah 650 KK. sampel menggunakan tabel Sampel Morgan dan Krejcie (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI, 2017), dengan jumlah sampel 242 KK, Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS For Windows melalui prosedur editing, coding, entry, dan cleaning data. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dengan alat analisis berupa Indeks Kepuasan Pelanggan  dan analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan dilakukan dengan menganalisa tingkat kesesuaian kepuasan masyarakat antara persepsi dengan harapan masyarakat dan Analisis kuadran dalam diagram kartesius. Hasil pengolahan data tersebut disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi disertai dengan narasi.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Karena waktu penelitian bersamaan dengan adanya pandemi Covid-19 maka waktu penelitian diperpanjang dengan jumlah responden 196.

Karakteristik Responden

Tabel 1. Karakteristik Umum

Karakteristik Umum Responden

Jumlah

Persentase (%)

Umur

17-22  tahun

23-28 tahun

29-34 tahun

35-40 tahun

41-46 tahun

47-52 tahun

53-58 tahun

59-64 tahun

65-70 tahun

 

17

24

31

31

30

26

13

14

10

 

8,7

12,2

15,8

15,8

15,3

13,3

6,6

7,1

5,1

Jenis Kelamin

Laki-laki

Perempuan

 

70

126

 

35,7

64,3

Pendidikan

Pendidikan Dasar

Pendidikan Menengah

Pendidikan Tinggi

 

26

153

17

 

13,3

78,1

8,6

Pekerjaan

ASN,TNI,Polri

Swasta

Wirausaha

Lain-lain

 

8

47

27

114

 

4

24

13,8

58,2

Jumlah

196

100

Sumber : Data Primer, 2020

Kelompok umur terbanyak dari 196 responden dalam penelitian ini adalah kelompok umur29-34 tahun dan kelompok umur 35-40 tahun (masing-masing 15,8%). Sedangkan kelompok umur yang paling sedikit adalah kelompok umur 65-70 tahun yaitu sebesar 5,1%. Jumlah responden perempuan lebih banyak yaitu 64,3% disbanding responden laki-laki yaitu 35,7%.

Analisis Tingkat Kepuasan Berdasarkan Persepsi dan Harapan

Tabel 2. Tingkat Kepuasan Berdasarkan

               Persepsi

URAIAN

NIK

KINERJA

Per Program Pelayanan

Promkes termasuk UKS

Kesehatan Lingkungan

KIA/KB

Gizi

P2P

Perkesmas

 

 

76,63

 

75,85

80,06

75,87

72,80

78,48

 

 

Baik

 

Kurang Baik

Baik

Kurang Baik

Kurang Baik

Baik

UKM Essensial

76,61

Baik

Per Unsur Pelayanan :

Persyaratan

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

Waktu Penyelesaian

Biaya/Tarif

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

Kompetensi Pelaksana

Perilaku Pelaksana

Sarana dan prasarana

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

 

77,84

78,22

 

74,66

70,13

78,72

 

80,24

 

80,51

72,14

 

84,02

 

Baik

Baik

 

Kurang Baik

Kurang Baik

Baik

 

Baik

 

Baik

Kurang Baik

 

Baik

Sumber : Data Primer, 2020

Berdasarkan tabel di atas didapatkan nilai hasil tingkat kepuasan masayarakat terhadapat pelayanan UKM Esensial adalah 76,61 dengan kinerja baik. Dan bila dilihat per program pelayanan, ada satu program yang mendapatkan nilai tingkat kepuasan yang paling rendah yaitu program pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) dengan nilai 72,80 (kinerja kurang baik).  Sedangkan hasil tingkat kepuasan masyarakat pada Upaya Kesehatan Masyarakat per unsur pelayanan yang paling rendah adalah unsur pelayanan sarana dan prasarana dengan nilai 72,14 (kinerja kurang baik) dan nilai tertinggi pada unsur pelayanan penanganan pengaduan, saran dan masukan (84,02) dengan kinerja baik.

Tabel 2. Tingkat Kepuasan Berdasarkan

               Harapan

URAIAN

NIK

KINERJA

 

Per Program Pelayanan

Promkes termasuk UKS

Kesehatan Lingkungan